Senin, 02 Februari 2009

PRAKERIN SMK


PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)


Salah satu perubahan penting dan mendasar dalam sistem Pendidikan kejuruan adalah bahwa proses pendidikan tidak hanya terbatas pada ruang kelas dan ruang praktik saja tetapi terjadi di banyak tempat seperti di dunia usaha dan industri. Implikasi dari perubahan tersebut adalah setiap SMK dituntut untuk mampu menjalin kemitraan dengan dunia usaha dan industri untuk bersama-sama menyelenggarakan suatu program pendidikan dan pelatihan kejuruan

Prakerin merupakan program bersama antara SMK dan industri yang pelaksanaannya sepenuhnya di dunia usaha dan industri. Program yang dilaksanakan di industri menurut buku panduan Prakerin (2000: 1) meliputi:


  1. Praktek dasar kejuruan, dapat dilaksanakan sebagian di sekolah, dan sebagian lainnya di industri. Praktik dasar kejuruan dapat dilaksanakan di industri, apabila industri pasangan tidak memiliki fasilitas pelatihan, maka kegiatan praktik dasar kejuruan sepenuhnya dilaksanakan di sekolah.

  2. Praktik keahlian produktif, dilaksanakan di industri dalam bentuk “on the job training”, berbentuk kegiatan mengerjakan pekerjaan produksi atau jasa (pekerjaan yang sesungguhnya) di industri/perusahaan.

  3. Pengaturan program pada poin 1 dan 2 di atas harus disepakati pada awal pelaksanaan program oleh ke dua pihak

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarnya dong......., jangan diem aja he..he..he...(pilih Animouse)