Rabu, 11 Maret 2009

APA ITU INTERNET ?

Apa itu internet?
Lha, yang ada di depan kamu ini apa?
Ya, saat ini kamu sedang mengakses internet. Saat ini juga, kamu bisa mendapat informasi yang tiada batasnya.

Internet (International Network, Interconnected Network) sering juga disebut dunia maya. Dunia ini sebenarnya tidak ada, namun tampak seperti dunia nyata. Di dunia maya, kamu bisa melakukan hampir semua hal yang bisa kamu lakukan di dunia nyata.
Sebelum tahun 90-an kita butuh berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk menyampaikan surat. Sekarang, surat yang kita kirim ke belahan dunia manapun bisa sampai dalam hitungan detik dengan biaya yang sangat murah.
Komunikasi langsung bisa kamu lakukan dengan chatting atau VOIP. Cara pertama (chatting) dilakukan dengan teks. Tapi sekarang chatting juga bisa kamu lakukan dengan suara dan webcam. Cara kedua (VOIP, Voice over Internet Protocol)dilakukan seperti halnya menelepon biasa, tapi dengan biaya yang relatif murah. Misalnya, kamu menelepon saudara di luar negeri, biaya yang kamu keluarkan cuma biaya akses internet saja.
Tidak perlu pergi ke toko untuk membeli buku. Cukup kunjungi www.inibuku.com, isi formulir, lakukan pembayaran dan buku bisa langsung dikirim ke rumah. Beli komputer, silakan ke www.bhinneka.com. Dan masih banyak toko online lain yang menjual berbagai macam barang.
Antrian di bank atau kantor pos bisa dikurangi dengan internet. Transfer uang, bayar telepon, pajak hanya dengan klik mouse.
Sebelum ada internet, berita tercepat disampaikan melalui radio atau TV. Berita koran hanya dapat dinikmati satu hari setelah berita itu ditulis. Di sinilah kelebihan internet. Berita dapat ditampilkan secara cepat dan bisa dilihat kembali di lain waktu, seperti halnya media cetak. Bahkan kamu juga bisa menikmati siaran TV dan radio di internet.
Apa cuma itu gunanya internet? Bukan cuma itu. Seperti yang aku tulis tadi: kita bisa lakukan hampir semua hal di internet. Cari gambar? Bisa ke image.google.com, atau www.freefoto.com. Gudang video ada di www.youtube.com. Berita dan artikel ada di www.eramuslim.com, www.republika.co.id, dll. Bahkan kamu juga bisa nyari teman di www.friendster.com atau www.myspace.com.
Mau berdiskusi dan tukar ilmu? Gabung aja di forum-forum diskusi atau mailing list yang tersebar di internet.
Jadi, internet itu sebenarnya apa sih? Singkatnya, internet adalah jutaan komputer yang saling tersambung dengan mekanisme tertentu.
Nah, itu aja dulu. Kalo kepanjangan tulisannya, bisa bikin bete, kan?
Semoga bermanfaat dan selamat berinternet!

4 komentar:

Anonim mengatakan...

o.....AKU GA SADAR KALO UDAH BUKA INTERNET...HE..HE..HE...

Anonim mengatakan...

mas ? internet kalau dicampur sama sempe enak gak yaaa... kalau enak aq pesan jo lali tambah catut ama wit resah.....

Anonim mengatakan...

pa,klo buka youtube pake hp ko ga muncul gambar, knapa ya?

Anonim mengatakan...

penjelasan nya bagus

Posting Komentar

Komentarnya dong......., jangan diem aja he..he..he...(pilih Animouse)